Ngoceh Musik!

Written on 2:35 AM by Zaky Anvari

"Without music, life would be a mistake."

~Friedrich Nietzsche 

Hiya, semua!
Piye kabare? Baek? Bagus deh..

Eh eh.. Ane punya pertanyaan nih.. Ada yang tau ane bisa main alat musik gak?
Kalo tau, alat musik apa hayo?
Yup, benul sekali.. It's a violin!
Nah nah.. Ceritanya nih, ane bentar lagi bakal ketemu sama hari pengujian.
Pengujian dosa? Bukan, gan. Yang bener tuh, pengujian pengetahuan ane tentang musik, gan!
Eits, musik tuh gak cuma dimainin doang, gan! Mereka juga punya teori, gak cuma praktek..
Misalnya aja nih.. Situ mau main biola, tapi gak tau teori geseknya.. Gimana tuh?
Nanti yang digesek malah bodynya, bukan senarnya lagi..


Tapi tunggu dulu deh, gan.. Ente semua tau kagak musik itu sendiri?
Bunyi? Suara? Ajep-ajep?
Wuih, agan-agan nih.. Nyetel aja musik keras-keras, kagak tau musik itu apa.. Parah banget!
Ya udah, karena ane cowok baik-baik, jadi nih ane kasih tau aja sedikit.. Kalo kurang, cari aja sendiri! Udah dikasih tau masih minta juga..

Musik adalah sebuah seni yang menggunakan suara dan kesunyian sebagai mediumnya.
~Wikipedia

"Lho, kok kesunyian sih, gan?"

Yee.. Lu coba setel aja musik ditengah-tengah perempatan terdekat.. Kedengeran kagak?
Maksud kesunyian di sini tuh adalah tanpa adanya suara lain, gan!
Jadi, musik itu adalah seni suara yang membutuhkan kesunyian agar suara itu sendiri terdengar, gan!
Makanya, kalo kita nyetel musik banyak-banyak dalam satu tempat, risih kan rasanya?
Ya karena itulah dibutuhkan kesunyian untuk sebuah musik, gan..

Nah, disamping itu, musik juga elemen-elemennya, gan. Tanpa elemen ini, musik bisa ancur belantakan..
Nih ane kasih elemen utamanya aja : Pitch (Ketepatan nada), Rhythm (Ritme, seperti ketukan dan artikulasi), Dynamics (Dinamika, salah satu penentu karakter sebuah lagu).

Gimana, gan? Udah ngerti?
Sip deh kalo udah ngerti.. Kalo pengen tau lengkapnya lagi, baca aja di sini.
Tuh ane kasih Bhs. Inggris biar ente para belajar!

Disamping itu juga, gan.. Musik juga ada teorinya!
Jadi kita gak asal genjreng ato gesek misalnya..
Ya udah deh.. Kita udah sampe di akhir postingan..
Terima kasih udah mau membaca postingan GJ ini, gan..
Sorry kalo postingan akhir-akhir ini rada-rada..
Biasa, pasca-blogging-block..

Sekian, gan!

"One good thing about music, when it hits you, you feel no pain."
~Bob Marley
Jadi dengarkan lah musik, gan! 

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Post a Comment